Recent Post

banner image

Makanan Khas Asli Jawa Barat

Sekarang disini gue akan membahas Makan Khas dari suku yang terletak di Jawa Barat yaitu Suku Sunda. Perlu kita ketahui buat temen-temen semua, Sunda adalah satu Suku atau Kelompok Etnis yang terletak dibagian barat pulau Jawa, Indonesia.
Makanan Khas Sunda ternyata sudah mempunyai banyak penggemar di seluruh Indonesia, terutama untuk Masyarakat yang tinggal di Pulau Jawa. 
Kebanyakan Kuliner yang berasal dari Tanah Sunda tersebut seperti apa.? Jika temen-temen penasaran dan ingin tau makanannya apa saja, yukkk kita review berasama di sini.

Makanan Khass Sunda

Membicarakan menganai makanan Khas Suku Sunda ini, sudah pasti temen-temen langsung berfikir tentang rasa yang manis. Padahal, Kuliner yang berasal dari Tanah Sunda ini tidak hanya dikuasai oleh cita rasa yang manis saja, tetapi juga ada cita rasa lain seperti Gurih Asin, Asam Segar dan Pedas Menggigit.

1. Nasi Timbel 
Ya, yang pertama yang kita bahas adalah Nasi Timbel. Nasi Timbel termasuk makanan yang di Kenal di Tanah Air ini. Nasi Timbel adalah makanan khas Sunda yang mempunyai cita rasa yang unik, Nasi Timbel mempunyai banyak macam versi sehingga banyak orang yang kadang bingung ingin mencoba Nasi Timbel yang mana.
Makanan Khas Asli Jawa Barat
sahabatnesia.com

Penyajian pada ikon dari masakan Sunda ini biasanya didalam Daun Pisang. Di warung-warung makan, Nasi Timbel juga disajikan menggunakan wadah umum seperti piring.

Ada berbagai lauk yang disajikan didalam Nasi Timbel yang pulen ini antara lain seperti ikan asin, pepes ikan, ampela, ayam goreng, Dll. Tidak lupa juga untuk menambah kelezatan makanan ditambahkan juga lalapan serta sambal untuk menambah nilai tradisional.

2. Nasi Liwet

Makanan Khas Suku sunda yang kedua yaitu Nasi Liwet. Selain Nasi Timbel, Suku Sunda juga punya makanan Khas yang terkenal di banyak Kota-Kota di Indonesia. Makanan tersebut adalah Nasi Liwet yang sudah tidak asing lagi di lidah Masyarakat Indonesia.
Makanan Khas Asli Jawa Barat
sahabatnesia.com
Nasi Liwet Khas Sunda ini mempunyai cita rasa yang gurih meskipun tidak menggunakan santan. Rasa gurih yang dimiliki oleh Nasi Liwet diperoleh dari hasil penggunaan bumbu-bumbu rempah Khas Indonesia seperti batang serai, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jambal roti, daun kemangi dan daun salam. Nasi Liwet umumnya disantap bersama ikan asin sebagai menu pelengkapnya. Sebagian orang juga menyantap Nasi Liwet dengan, ikan bakar, ayam bakar ataupun gorengan tahu tempe sahabat.

3. Nasi Tutug Oncom 

Ya, Selanjutnya adalah Nasi Tutug Oncom. Dari namanya saja makanan yang satu ini membuat penasaran teman-teman, oke langsung saja kita bahas makanan yang satu ini.
Makanan Khas Asli Jawa Barat
/sahabatnesia.com
Makanan Khas Sunda yang satu ini sudah pasti beraroma tradisional. Tutug Oncom, yang disingkat dengan T.O, Adalah sajian Nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar. Nasi Tutug Oncom paling enak apabila disajikan dalam keadaan hangat. Di Jakarta dan Kota-Kota lain, ada cukup banyak warung makan khusus menyajikan Nasi Tutug Oncom ini dan banyak berbagai variasi lauk pauk.
Makanan ini dinamakan tutug karena dalam bahasa Sunda mempunyai arti menumbuk. Jadi proses mengaduk dan menumbuk Nasi dengan Oncom bisa disajikan bersama dengan lauk Pauk pendamping seperti tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, lalapan sayur dan sambal terasi. mantapkan..??

4. Ayam Bakakak

Makanan Khas Sunda yang selanjutnya adalah Ayam Bakakak. Ayam Bakakak adalah menu masakan ungulan yang mudah dijumpai di Tanah Sunda. Sebagian orang mungkin menganggap nama makanan ini lucu, terutama mereka yang baru pertama kali mendengar nama makanan ini. Tapi memang begitu namanya. Jika kalian belum permah mencoba makanan ini setidaknya kalian wajib satu kali seumur hidup kalian harus menyicipi makanan ini.
Makanan Khas Asli Jawa Barat
sahabatnesia.com
Ayam Bakakak sendiri merupakan masakan yang menggunakan bahan utama Ayam yang diberi bumbu khusus dalam cita rasannya yang kemudian diolah dengan cara dipanggang. Ayam yang disajikan merupakan satu ekor ayam utuh sehingga bisa di santap untuk beberapa orang sekaligus. Ayam Bakakak bisa disajikan bersama dua macam pilihan sambal, seperti sambal merah dan sambal ijo, selain sambal Ayam Bakakak juga lebih special apabila dinikmati bersama lalapan sayur, mantap djiwa deh pokoknya..!!

5.Soto Bandung 

Perlu kita ketahui juga Bandung adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yang juga tergolong ke dalam daerah Sunda. Bandung mempunyai kuliner Khas yang terkenal, yaitu Soto Bandung. Bagi mereka yang sudah pernah mengunjungi kota kembang, pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Soto bandung adalah makanan Khas Bandung yang secara tampilan mirip dengan soto-soto di Daerah lain di Indonesia ini. Tapi dari segi bahan yang digunakan, ada perbedaan antara Soto Bandung dengan Soto-soto lainnya.
Makanan Khas Asli Jawa Barat
sahabatnesia.com
Soto Bandung menggunakan bahan utama daging sapi. Bumbu yang digunakan untuk membuat Soto Bandung antara lain jahe, lengkuas, serai, gula, garam dan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih dan merica bubuk. Penyajian Soto Bandung ini biasanya dilakukan di dalam mangkuk dengan tambahan bahan pelengkap seperti irisan lobak yang sudah direbus, daun seledri, daun bawang, kacang kedelai goreng dan bawang goreng. Bukannya hanya itu saja, biasanya orang-orang juga kerap menambahkan sambal, jeruk nipis dan kecap agar rasanya lebih mataap..!!

Oke, Demikian beberap makanan khas sunda yang bisa kamu coba, semoga dengan memperkenalkan makanan khas Sunda kepada temen-temen di seluruh indonesia, kita bisa lebih mengahrgai dan mencintai negri kita, Indonesia.! tetep makan-makan and jangan lupa bahagia. 😀
Makanan Khas Asli Jawa Barat Makanan Khas Asli Jawa Barat Reviewed by Sadam Satriawan on April 19, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.