Wisata Semarang: Jalan Yuk Ke Masjid Agung Jawa Tengah

Wisata Masjid Agung Jawa Tengah - Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi terbesar di Indonesia, dan kota Semarang berperan sebagai ibukota dari provinsi Jawa Tengah. Salah satu Provinsi yang berada di pulau Jawa ini, memang cukup banyak memiliki tempat tujuan wisata.

Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, bahwa kota Semarang merupakan salah satu kota Metropolitan terbesar yang ada di Indonesia, setelah Jakarta, Surabaya, Medan Serta Bandung. Semarang juga termasuk dalam salah satu kota dengan tingkat populasi penduduk yang cukup padat. Bahkan saat ini, jumlah penduduk di kota Semarang mencapai 2 juta jiwa.
Wisata Semarang: Jalan Yuk Ke Masjid Agung Jawa Tengah
Bagi kamu yang berdomisili atau tinggal di kota Semarang maupun di Provinsi Jawa Tengah, pastinya sudah sangat akrab dengan Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini memang sangat dikenal oleh masyarakat di wilayah Jawa Tengah, khususnya di kota Semarang.

Masjid yang berdiri megah di atas tanah seluas 10 hektare ini, menjadi ikon wisata religi terpopuler di kota Semarang. Banyak sekali para wisatawan yang datang berkunjung, ke tempat wisata religi di Semarang ini. Wisatawan yang datang tidak hanya dari wilayah Jawa Tengah saja, tapi juga dari provinsi lain seperti, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan bahkan Banten.

Wisata Semarang: Masjid Agung Jawa Tengah

Wisata Semarang: Jalan Yuk Ke Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung yang merupakan masjid terbesar di Jawa Tengah ini, menjadi ikon pariwisata bernuansa Islami di kota Semarang. Masjid kebanggaan masyarakat Jawa Tengah ini, di desain dengan perpaduan gaya arsitektur Jawa, dan dikombinasikan dengan gaya arsitektur Arab.

Percampuran dua budaya pada desain masjid ini, menghasilkan keindahan arsitektur dengan ciri khas, yang menjadi identitas Masjid Agung Jawa Tengah. Yang paling menarik dari desain masjid ini adalah, adanya payung-payung raksasa yang diletakan di teras masjid.

Dengan ditambahkan ornamen berupa payung-payung raksasa seperti itu, membuat masjid yang sekaligus menjadi obyek tujuan wisata di Semarang ini, nampak terlihat seperti masjid Nabawi di kota Yastrib atau Madinah.

Menara Asmaul Husna - Masjid Agung Jawa Tengah

Wisata Semarang: Jalan Yuk Ke Masjid Agung Jawa Tengah
Tempat wisata religi di Semarang ini, juga memiliki suatu bangunan menara yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Menara yang memiliki ketinggian mencapai 99 meter ini, diberi nama menara Asmaul Husna. Nama itu digunakan, karena ketinggiannya sesuai dengan jumlah bilangan Asmaul Husna atau sembilan puluh sembilan nama-nama Allah.

Wisatawan yang berkunjung, juga dapat naik ke atas menara dengan ketinggian 99 meter ini. Cukup dengan membayar tiket masuk menara sebesar Rp.5000 rupiah, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan kota Semarang, dari atas ketinggian 99 meter di atas permukaan laut.

Masjid Agung ini berlokasi di Jalan Gajah Raya Kelurahan Sambirejo, kecamatan Gayamsari, kota Semarang. Tempat wisata di Semarang ini masih terbilang baru, masjid ini mulai dibangun pada hari Jumat tanggal 6 September 2002. Pembangunannya berlangsung selama kurang lebih 4 tahun, dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pada tanggal 14 November 2006.
Wisata Semarang: Jalan Yuk Ke Masjid Agung Jawa Tengah

Tempat Wisata Lainnya


Selain payung raksasa yang mempercantik desain tempat ibadah umat Islam ini, di masjid Agung Jawa Tengah juga terdapat pilar 25 Nabi, yang didesain menyerupai Colosseum. Pilar-pilar yang mengisyaratkan 25 nabi dalam ajarn Islam ini, menambah kesan megah pada obyek tujuan wisata tersebut.

Sebagai informasi tambahan, bagi kamu yang berencana berkunjung ke destinasi wisata di Semarang ini. Disarankan agar datang pada hari Jumat, sebelum di laksanakannya shalat Jumat. Karena payung-payung raksasa di masjid ini, hanya dibuka seminggu sekali untuk keperluan shalat Jumat saja.

Wisata Semarang: Jalan Yuk Ke Masjid Agung Jawa Tengah Wisata Semarang: Jalan Yuk Ke Masjid Agung Jawa Tengah Reviewed by Hamzah Al Walid on Agustus 09, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.